Teh Talua Khas Sumatra Barat

Bahan Membuat Teh Talua Khas Sumatra Barat

  1. Ini 1 butir dari kuning telur ayam kampung.
  2. Ini 270 ml dari air panas.
  3. Ini 1 dari teh celup (saya pake merk Sosro).
  4. Siapkan 1 sdm munjung dari gula pasir (2 sdm jika pakai putihnya).
  5. Ini dari Bahan Lain :.
  6. Siapkan 2 cm dari jahe, parut.
  7. Siapkan 1 cm dari kayu manis.
  8. Siapkan 1/8 dari jeruk lemon lokal/ nipis.
  9. Anda perlu 1 sdm dari madu/bs juga SKM.
  10. Ini 1/2 sdt dari lada hitam, tumbuk kasar (boleh skip buat anak2).

Langkah Memasak Teh Talua Khas Sumatra Barat

  1. Didihkan air, lalu masukkan teh celup, kayu manis, lada hitam (tambahan di bbrp hari ini) dan parutkan jahe di atasnya. Matikan kompor dan tutup sekitar 10 menit agar teh dan rempah2nya mengeluarkan sari2nya. Sementara itu kita siapkan telurnya.
  2. Campurkan gula pasir dg kuning telur ayam. Bisa juga menyertakan putihnya jika ingin banyak busanya. Kocok dengan mixer kec. tinggi hingga mengembang dan menjadi putih. Aslinya di Sumatra Barat menggunakan beberapa lidi yg diikat jd satu. Bisa juga kocok dengan whisk, tapi siap pake LG alias Lengan Gedhe yah..😁.
  3. Didihkan lagi air rendaman teh tadi. Sesaat sebelum teh dituang, kucuri telur dengan jeruk lemon/ nipis. Jeruk nipis ini utk menghilangkan bau amis telur, terutama jika menggunakan putihnya, dg 1/4 atau 1/2 jeruk nipis. Bisa juga dengan madu agar telurnya tidak mentah lagi. Tapi saya pakenya jeruk lemon, dan madunya belakangan..
  4. Saring teh saat dituang, akan terbentuk 3 lapisan seperti ini. Saya tambahkan madu. Klo yg sy liat di tivi, pake SKM. Tapi Pak Su ngga suka manis2, jd saya lebih suka madu agar lebih berkhasiat.
  5. Siap dihidangkan. Enaak.. Ngga terasa amis, anak saya aja suka..πŸ˜˜πŸ‘ŒπŸ» Teh ini efektif untuk meningkatkan stamina khususnya buat suami2 dan anak2. Cucok sekali diminum pagi atau sore hari ditemani camilan atau gorengan 😘😘.
  6. Ini saya coba pakai putih telur, gulanya ditambah ya biar berbusa. Karena gula merupakan salah satu faktor untuk membuat busa. Trus ditambah jeruk nipis saat mengocok dan sesudah selesai mengocok telurnya. Kali ini manisnya saya tambah pakai SKM. Cuman lebih enak diambil kunngnya aja sih.. 😘 Klo pake putihnya lebih terasa amis telurnyaπŸ‘ŒπŸ».
  7. Saya pake SKMnya ini., enak banget, jahenya terasa sekali jd tambah hangat di tubuh dan terasa di lidah πŸ˜˜πŸ‘ŒπŸ».

Get Latest Recipe : HOME