Dendeng batokok campur tahu khas padang Tunjang adalah nama lain dari kikil, namun yang menjadi ciri khas Gulai Tunjang Padang adalah gulainya terdapat campuran tulang lunaknya. Sebelum kita mengupas tuntas tentang bagaimana cara membuat dendeng batokok. Dendeng sapi khas Madura. foto: cookpad.com.

Bahan Membuat Dendeng batokok campur tahu khas padang

  1. Siapkan 1 kg dari daging sapi.
  2. Anda perlu 5 biji dari tahu kuning.
  3. Siapkan 1/4 dari cabe kriting.
  4. Ini 3 buah dari tomat ukurang sedang.
  5. Anda perlu dari Bawang merah semaunya.
  6. Anda perlu dari Minyak goreng.
  7. Siapkan secukupnya dari Garam.
  8. Siapkan secukupnya dari Penyedap rasa.
  9. Anda perlu secukupnya dari Micin.
  10. Anda perlu dari Bumbu halus untuk ungkep daging.
  11. Anda perlu 7 siung dari bawang putih.
  12. Ini 2 ruas dari jahe.
  13. Siapkan dari Garam.

Langkah Memasak Dendeng batokok campur tahu khas padang

  1. Potong² daging sesuai selera jangan terlalu kecil nanti cepat gosong atau hancur,sengaja beli daging yg berat 1kg tanpa dimnta potong langsung buat dendeng sama mamang di pasar, biar bisa atur sesuai selera..
  2. Kemudian,ulek bumbu halus semuanya dgn garam secukupnya, jika sudah halus campurkan dengan daging yg sudah dicuci bersih, daging kemudian di ungkep dgan ditambahkan air sedikit saja.
  3. Kemudian tunggu sekitar 10 menit sampai daging empuk dan bumbu meresap, disini saya ungkep biar nanti digoreng tidak terlalu lama,bumbu juga lebih meresap,dan untuk yg tidak suka daging sapi,diungkep dgn cara seperti ini bisa menghilangkan amis didaging.
  4. Selagi menunggu daging matang,siapkan bahan yg lain seperti tahu dipotong² sesuai selera,klw aku tahunya dipotong kayak segitiga..
  5. Kemudian siap kan cabe bersihkan lalu diulek, knpa saya ulek ciri orang padang masakannya klw bikin sambel diulek dan hanya cabe kriting saja, dan jika pengen menggunakan blender juga bisa, tapi rasanya sedikit berbeda, diulek jangan sampai terlalu halus ya, klw dendeng cabenya diulek kasar biar lebih mantap.
  6. Lalu tambahkan bawang merah dihaluskan bersama cabe tadi, knpa bawang merah tidak ada takaran, karena banyak bawang merah lebih enak di masakan main filling aja,ingat jangan berlebihan juga. Sebahagian dari bawang merah diiris halus untuk digoreng nantinya.
  7. Sedangkan tomat diiris kecil, biar nanti digoreng tidak terlalu lama.
  8. Jika sudah selesai dan daging ungkep sudah matang kemudian goreng tahu kuning dan daging yg sudah matang di geprek/ditokok menggunakan ulekan, jangan sampai hancur ya, kemudian digoreng sampai kering.
  9. Jika daging sudah selesai digoreng, kemudian goreng bawang merah yg sudah di iris sampai berubah warna, lalu masukan tomat yg sudah diiris tadi bersama bawang iris.
  10. Jika tomat sudah agak layu kemudian masukan cabe kriting yg sudah di ulek kasar, api kompornya kecil ya..biar matangnya gak kepaksa, sambil di cek rasa tambahkan penyedap dan micin sesuai selera, jika sudah matang dinginkan dulu cabe yg sudah digoreng tadi diwaja jangan langsung dicampurkan biar daging yg sudah digoreng kering tadi tidak alot.
  11. Jika sudah dingin campurkan dan siap dihidangkan..

Merdeka.com - Ingin membuat masakan Padang yang lain dari biasanya? Ada juga dendeng batokok yang tampil khas dengan taburan sambal cabai hijau. Yuup disini salah satu tempatnya: Dendeng Batokok!. Makanan khas Sumatera Barat ini disajikan lengkap dengan sup, sambal dan lalapan. Catatan : Dari namanya Dendeng Batokok berarti Dendeng yang Ditokok, artinya dipukul-pukul.

Get Latest Recipe : HOME